Mengenal Kapal Ponton Serta Fungsinya

ponton

Mengenal Kapal Ponton Serta Fungsinya – Tongkang atau ponton ini tidak memiliki sistem penggerak seperti kapal pada umumnya. Pembuatan tongkang juga berbeda karena hanya konstruksi, tanpa sistem seperti kapal pada umumnya.

Tongkang sendiri biasa digunakan untuk mengangkut kargo dalam jumlah besar seperti kayu, batu bara, pasir dan lain-lain. Nah pada artikel ini kami akan membahas Ponton Serta Fungsinya.

Kapal Ponton

Tongkang atau ponton adalah jenis kapal dengan lambung datar atau kotak apung besar, digunakan untuk mengangkut barang dan ditarik oleh kapal tunda atau digunakan untuk menampung pasang surut seperti di dermaga apung.

Ponton juga digunakan untuk mengangkut mobil melintasi sungai, di daerah yang tidak memiliki jembatan. Sangat banyak digunakan pada tahun 1960-an hingga 1980-an pada rute lintas Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua.

Sekarang sebagian besar sudah diganti dengan jembatan. Untuk tujuan wisata, ponton masih digunakan. Untuk meningkatkan kestabilan kapal biasanya digunakan dua buah ponton yang digabung secara paralel.

Ponton juga disewakan, cara sewa tongkang atau ponton menggunakan cara Time Charter ataupun Freight Charter.

(Kepulauan Riau) yang merupakan salah satu basis produksi pelayaran di Indonesia.

Fungsi Tongkang / Ponton

Pada tahun 1960-an dan 1980-an, kapal-kapal ini digunakan untuk mengangkut transportasi darat seperti mobil, sepeda motor, truk, dan sebagainya untuk menyeberang dari satu daerah ke daerah lain melalui laut. Karena saat itu masih belum banyak jembatan yang bisa memudahkan untuk dilintasi.

  • Mengangkut kargo dalam jumlah besar seperti kayu dan sebagainya.
  • Mengangkut hasil tambang seperti pasir, batu bara, nikel, bijih besi, dan sebagainya.
  • Pengangkutan peti kemas/container, biasanya jika digunakan untuk mengangkut ini, maka digunakan tongkang yang menggunakan mesin.
  • Kepentingan turis. Untuk menstabilkan kapal ini, biasanya menggunakan dua ponton yang digabungkan menjadi satu secara paralel.

Jenis Kapal Ponton

Berikut ini jenisĀ  ponton dibawah ini.

Barrack barge atau rumah kapal

Artinya, sesuai dengan namanya, tongkang jenis ini banyak digunakan sebagai tempat tinggal. Barak ini dapat kita temukan di tempat-tempat seperti Kamboja, India Utara (Kashmir), Laos Australia, dan Kanada.

Dry Bulk Cargo Barge

Yaitu jenisPonton yang digunakan untuk mengangkut barang curah kering, yang dapat langsung dipindahkan melalui sistem bongkar muat tongkang. Misalnya, biji-bijian, makanan, pasir, mineral seperti baja, batu bara.

Car-float Barge

Yaitu jenis Ponton Kapal laut yang digunakan untuk mengangkut gerbong atau gerbong portabel yang diangkut dari satu lokasi ke lokasi lain. Negara-negara yang saat ini masih menggunakan car-float barge dapat ditemukan di beberapa negara bagian Amerika Serikat.

Split Hopper Barge

Yaitu jenis tongkang yang digunakan untuk mengangkut material hasil kerukan. Tongkang ini dilengkapi dengan alat bongkar muat yang tepat. Beberapa material yang biasanya dimuat oleh kapal ini adalah tanah, pasir, dan material kerukan lainnya yang diperuntukan untuk konstruksi kelautan.

Jenis Kapal Ponton Power barge

Jenis ponton yang digunakan untuk memindahkan pembangkit listrik, dimana pembangkit listrik dipasang di geladak tongkang dan ditarik oleh kapal tunda. Tongkang pertama kali digunakan selama Perang Dunia II sebagai sumber daya untuk pembangkit listrik skala besar.

Demikian penjelasan dari saya tentang Mengenal Ponton Serta Fungsinya. Apabila anda membutuhkan jasa penyewaan kapal tongkang atau ponton , anda dapat menghubungi kami disini. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *