Mengetahui Apa Saja Jenis – Jenis Kapal Tunda

jenis jenis kapal tunda

Mengetahui  Apa Saja Jenis Рjenis Kapal Tunda- Kapal tunda atau Tugboat adalah kapal yang digunakan untuk melakukan manuver atau gerakan, terutama untuk menarik atau mendorong kapal lain di pelabuhan, laut lepas atau melalui sungai atau kanal.

Kapal tunda juga bisa digunakan agar dapat menarik tongkang, kapal rusak bahkan peralatan lainnya. Kapal tunda juga mempunyai tenaga yang besar jika dibandingkan dengan ukurannya. Berikut ini mengenai Jenis- Jenis Kapal Tunda yang bisa anda gunakan.

Jenis-Jenis Kapal Tunda

Teknologi pelayaran yang semakin maju menyebabkan munculnya banyak jenis kapal tunda , yaitu sebagai berikut:

  • Kapal tunda konvensional Atau Towing atau Pusher Tug
  • Kapal tunda serbaguna Atau Kapal tunda Utilitas
  • Kapal tunda pelabuhan atau Harbour Tug

Hubungan Kapal Tunda dan Kapal Tongkang

Kapal tunda yaitu kapal yang akan digunakan untuk menarik atau mendorong tongkang dan kapal jenis lain dengan tenaga mesin yang sangat cukup besar. Karena tugboat harus menarik atau mendorong tongkang yang memiliki hambatan cukup besar.

Jadi tenaga kapal tunda juga harus besar. Kapal tunda harus memiliki bahan bakar operasional dan minyak pelumas minimal untuk melakukan perjalanan pengiriman kargo. Dulu kapal tunda menggunakan mesin uap, tetapi sekarang menggunakan mesin diesel. Mesin yang biasa digunakan umumnya Yaitu sama dengan mesin kereta api, namun mesin diesel ini tugboat menggerakkan baling-baling.

Meski ukuran kapal yang dihasilkan sangat besar, tenaganya memang sangat besar. Kapal tunda minimal harus memiliki dua mesin utama sebagai sistem pengamannya. Kekuatan mesin utama yang digunakan berkisar antara 750 hingga 3000 tenaga kuda (500 hingga 2.000 kW).

Tetapi kapal yang lebih besar (digunakan di laut lepas) dapat menghasilkan hingga 25.000 tenaga kuda (20.000 kW). Kapal tunda ini juga mempunyai kemampuan manuver yang tinggi, bergantung pada unit penggeraknya. Unit penggerak kapal tunda dapat dibagi menjadi:

  • Penggerak konvensional, yaitu tempat baling-baling diletakkan di belakang. Jenis propulsi ini cukup efisien untuk menarik kapal dari pelabuhan ke pelabuhan.
  • Sistem propulsi Schottel (azimuth thruster/Z propeller), yaitu dimana propeller diletakkan dibawah kapal yang dapat bergerak 360 derajat.
  • Propulsi Sistem propulsi Voith-Schneider, baling-balingnya menggunakan sejenis sudu di bawah kapal yang dapat membuat kapal berputar 360 derajat.

Pemandangan kapal tunda menarik tongkang cukup umum di sepanjang Selat Malaka, atau bahkan di perairan Asia Tenggara dan negara-negara Asia lainnya. Saking seringnya terlihat terkadang kita menganggapnya sebagai alternatif moda transportasi laut sederhana.

Namun, terkadang meski tidak tepat, dianggap memiliki tingkat risiko yang lebih rendah dibandingkan pengangkutan barang dengan kapal besar. Kenyataannya jauh berbeda dari anggapan tersebut dan akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel ini.

Demikian penjelasan saya tentang Mengenal Jenis-Jenis Tugboat, semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *