Rekomendasi Mesin Untuk Kapal Tunda / Tugboat

mesin kapal tunda tugboat

Rekomendasi Mesin Untuk Kapal Tunda Atau Tugboat – Dalam dunia pelayaran, ada banyak sekali jenis kapal yang telah dibuat di dunia ini. Mulai dari kapal perang hingga kapal fungsional seperti yang satu ini yaitu kapal tunda. Pada artikel ini kami akan bahas mengenai Rekomendasi Mesin Untuk Kapal Tunda Atau Tugboat.

Mengenai Kapal Tunda

Kapal tunda atau dalam bahasa inggris disebut tugboat adalah kapal yang digunakan untuk bermanuver. Namun, peran utamanya adalah membantu kapal yang lebih besar dengan menarik atau mendorong ke arah pelabuhan, laut lepas atau melalui kanal.

Selain menarik atau mendorong kapal besar. Kapal tunda juga mampu mendorong atau menarik tongkang, kapal rusak dan peralatan lainnya. Meski memiliki ukuran yang cukup kecil, kapal ini ternyata memiliki tenaga yang sangat besar.

Di zaman sekarang ini kapal ini telah berubah dari mesin uap menjadi mesin diesel. Oleh karena itu si kecil ini mampu mengeluarkan tenaga mulai dari 750 hingga 3000 tenaga kuda. Namun berbeda dengan kapal tunda, kapal ini menggunakan baling-baling dengan dua mesin utama. Oleh karena itu, kapal ini dapat bermanuver hingga 360 derajat.

Jenis Tongkang Penarik Batubara Tug Boat

Jenis kapal tongkang atau kapal tunda batubara umumnya bermacam-macam, mulai dari bentuk anjungan hingga buritan, begitu juga dengan mesin induknya tergantung dari daya tariknya, biasanya mesin induk kapal tunda memiliki tenaga kuda sebesar 2 X 350 HP dan 2 X 400 HP.

Bahkan hingga 2 X 600 HP biasanya hanya mampu menarik tongkang bermuatan 6.000 ton hingga 7.000 ton batubara, sedangkan kapal tunda dengan mesin utama lebih besar yaitu 2 X 1.000 HP hingga 2 X 1.300 HP, dapat menarik tongkang dengan muatan 8.000 ton hingga 10.000 ton bahkan hingga 12.000 ton batu bara.

 

Baca Juga: Inilah Mekanisme Menyewa Kapal Tongkang

 

Merk main engine yang dimiliki kapal tunda umumnya berbeda-beda, namun yang banyak dijumpai di Samarinda Kalimantan Timur biasanya merk Yanmar, Cummins, Caterpilar, dll. Secara umum jumlah awak kapal tunda antara 11 sampai 12 orang. Berikut ini mengenai kapal tunda yang memiliki 4 (empat) mesin, yaitu:

  • Mesin induk memiliki 2 (dua) mesin, digunakan untuk siang dan malam
  • Terdapat 2 (dua) mesin untuk penerangan yang juga digunakan untuk siang dan malam
  • Kapal tunda memiliki kecepatan yang bervariasi tergantung pada kapasitas beban yang akan ditarik ton.

Salah satunya disebut misalnya untuk menarik tongkang/ponton sekitar 3.000 ton can menggunakan kapal tunda Horse Power (HP) 1.000 HP atau jika untuk menarik beban 10.000 ton bisa.

Menggunakan 1.400 HP. Jadi disebut 1.000 HP, kapal tunda memiliki 2 (dua) mesin jadi masing-masing 500 HP x 2 mesin = 1000 HP. Disebut kapal tunda 1.400 HP masing-masing 700 HP x 2 mesin = 1.400 HP.

Kapal tunda dapat menggunakan satu mesin untuk berlayar atau bahkan kedua mesin, tergantung pada kapten sesuai dengan kondisi air dan cuaca serta kecepatan diperlukan untuk mencapai tujuan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Demikian penjelasan dari saya tentang Rekomendasi Mesin Untuk Kapal Tunda Atau Tugboat semoga bermanfaat, terimakasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *